Macam-macam Looping di PHP


Macam-macam Looping di PHP

PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengolah data sebuah aplikasi website. Setiap website yang dinamis pasti menggunakan PHP karena php ini berfungsi mengolah seluruh data dari database dan ditampilkan ke website yang dikelolanya. Adapun dalam menampilkan data dari database, yang digunakan untuk menampilkannya adalah dengan cara looping atau perulangan menggunakan php. 



Ada beberapa macam looping yang ada di php antara lain WHILE, DO-WHILE, FOR, dan FOREACH. Berikut ini adalah contoh dan penjelasan dari looping yang telah disebutkan diatas.

1. WHILE

Cara dari penggunaan WHILE adalah seperti berikut ini.



Dan hasilnya adalah seperti berikut ini.


2. DO-WHILE

Cara penggunaan DO-WHILE mirip-mirip seperti looping pada WHILE bedanya disini menggunakan DO. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.



Dan hasilnya adalah sebagai berikut.


3. FOR

Perulangan menggunakan FOR juga hampir sama dengan WHILE. Bedanya hanya dipenempatan kondisinya saja. berikut adalah contoh penggunaanya.



Dan hasilnya sebagai berikut.


4. FOREACH

Perulangan menggunakan FOREACH ini digunakan untuk melooping nilai dari sebuah array. Adapun bentuk penggunaannya adalah seperti berikut ini.



Dan hasilnya sebagai berikut ini.



Demikianlah tutorial singkat mengenai macam-macam looping di PHP. Silahkan dipelajari dengan seksama agar ilmunya lebih afdol dan bermanfaat. Bila ada yang kurang paham bisa bertanya melalui komentar. Sekian dulu untuk pembahasan kali ini, bila ada tutur kata yang salah saya mohon maaf. terimakasih.

0 Response to "Macam-macam Looping di PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel