Pengenalan JavaScript


Pengenalan JavaScript


Tutorial JavaScript - JavaScript adalah sebuah bahasa script dinamis yang dapat dipakai untuk membuat halaman-halaman HTML statis lebih interaktif. Proses ini dilakukan dengan menanam blok-blok kode JavaScript di hampir semua tempat pada halaman website kita. Untuk melakukannya,  berikut ini adalah struktur penulisan kode JavaScript.


<script type="text/javascript">
      // kode javascript di tempatkan disini
</script>

Tag script seberti diatas merupakan artibut penting dalam penulisan script JavaScript. Setiap kali kita akan membuat script JavaScript, kita harus mengawalinya dengan tag <script type="text/javascript"> dan di akhiri dengan tag penutupnya yaitu tag </script>.

Keunggulan JavaScript yang juga dikenal dengan nama ECMAScript yaitu dapat berjalan di semua platform dengan browser yang mendukung JavaScript, dan hampir semua platform dan browser saat ini mendukung JavaScript. Contoh dari aplikasi yang dibangun dengan JavaScript adalah Google Maps yang dapat berjalan di atas Linux, Windows, dan Mac OS. JavaScript juga semakin dan terus berkembang, seperti pertumbuhan pustaka (library) yang memudahkan untuk menavigasi dokumen, memlilih elemen DOM, membuat animasi, menangani event dan mengembangkan aplikasi Ajax. JavaScript adalah bahasa pemograman client-side yang cross-platform (berjalan di banyak platform)  dan bersifat bebas (untuk dimodifikasi dan gratis tentunya) juga diadopsi secara unversal.

0 Response to "Pengenalan JavaScript"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel