Cara Mengatasi Gradle Project Refresh Failed di Android Studio

Mengatasi Gradle Project Sync Failed di Android Studio

Membuat aplikasi berbasis android saat ini sedang populer di dunia pemrograman. Kenapa tidak, karena aplikasi berbasis android akan dengan mudah membantu pengguna aplikasi dalam berinteraksi dengan aplikasi tersebut dan juga dengan meningkatkan kinerja system dalam mengolah data pada aplikasi tersebut.  Pada kasus ini, biasanya untuk membuat aplikasi berbasis Android itu menggunakan Android Studio. Android Studio dirancang untuk mengembangkan pemrograman berbasis android dan sangat direkomendasikan oleh google. 

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi masalah Gradle Project refresh failed di Android Studio. Masalah ini biasanya muncul setiap kali kita membuat project baru dalam pembuatan aplikasi berbasis android. Dan juga sering terjadi saat kita membuka kembali project dari aplikasi yang kita buat sebelumnya.

Gradle Project Refresh Failed di Android Studio

Pesan eror "Gradle project refresh failed" biasanya muncul karena beberapa penyebab antara lain yaitu kita tidak terkoneksi ke internet, bisa juga karena ada beberapa script yang salah di koding project anda, atau juga karena anda mencentang offline work di settingan gradle android studio anda. bisa juga karena versi dari gradle yang anda gunakan berbeda dengan gradle yang disediakan android studio setelah anda mengupdate aplikasi android studio tersebut ke versi terbaru.

Cara mengatasi dari Pesan Eror : "Gradle Project Refresh Failed" Di Android Studio

Baiklah kita langsung masuk bagian intinya saja agar lebih mudah dipahami. Adapun cara untuk mengatasi dari pesan eror ini adalah sebagai berikut.



1. Silahkan buka project yang sudah kita buat. Sebelumnya Silahkan konek ke internet dulu agar proses sinkronisasi dapat dijalankan.


2. Lalu masuk ke Setting.


3. Selanjutnya silahkan pilih "Build, Execution, Develoyment"  lalu Pilih Gradle.

4. Setelah itu silahkan klik kolom use local gralde distribution. dan juga hilangkan centang di kolo offline work.


5. Selanjutnya silahkan klik browser file dikolom Gralde Home dan arahkan ke C:\Program Files\Android\Android Studio\gradle\gradle-4.4. lalu klik OK.


6. Selanjutnya klik Apply dan kemudian klik OK.

7. Proses pengarahan file Gradle telah selesai, selanjutnya silahkan kli "Re-download dependencies and sync project (requires network)". 

8. Tunggu proses sinkronisasi sampai selesai.


9. Proses sinkronisasi selesai, dan selamat anda telah bisa kembali ngoding di Android Studio Anda.

Demikian lah tutorial singkat mengenai cara mengatasi Gradle Project Refresh Failed di Android Studio. Silahkan di pelajari dengan seksama agar ilmunya bermanfaat dan juga agar anda bisa ngoding kembali. Bila ada yang kuang paham bisa bertanya melalui kolom komentar, insya allah akan saya jawab semaksimal mungkin. Jangan lupa membagikan artikel ini agar bermanfaat untuk yang lainnya. Terima kasih.

2 Responses to "Cara Mengatasi Gradle Project Refresh Failed di Android Studio "

  1. "Re-download dependencies and sync project (requires network)" gk muncul ni setelah di appl dan ok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di refresh sesudah klik apply

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel