Install NetBeans IDE di Windows Lengkap

Install NetBeans IDE di Windows

Netbeans IDE merupakan aplikasi desktop yang berperan untuk mengembangkan program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman java. NetBeans ini merupakan Aplikasi resmi yang dibuat oleh Oracle dengan fitur yang friendly dan terstruktur yang membuat penggunanya nyaman memakainya. Banyak para programer menggunakan NetBeans ini untuk membuat aplikasi menggunakan bahasa java dikarenakan seperti yang saya sebutkan diatas bahwa fiturnya yang lengkap dan friendly. Selain itu NetBeans juga lumayan ringan untuk para programmer yang menggunakan laptop spek kentang, sehingga tidak terlalu banyak memakan memory.

Dan pada kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara Install NetBeans IDE di Windows dengan lengkap sampai ke pengkodingan. Sebelum itu, kalian terlebih dahulu mendownload bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menginstallnya, antara lain.

Bahan-bahan.

  1. Aplikasi NetBeans IDE, kalian bisa mendownloadnya disini.
  2. JDK java, bisa kalian download disini.
  3. JRE java, kalian bisa downloadnya disini.
  4. laptop yang memadai. 
Setelah kalian mendownload semua bahan bahan diatas, maka selanjutnya silahkan install terlebih dahulu JDK dan JRE nya. Disini saya tidak akan membahas mengenai penginstalan JDK dan JRE nya. Silahkan kalian install sendiri.



Install NetBeans IDE

Setelah kalian install JDK dan JRE nya, maka selanjutnya kita akan masuk ketahap penginstallan aplikasi NetBeans nya. Silahakan klik dua kali aplikasi NetBeans yang sudah kalian download tadi. Selanjutnya kita tinggal next next saja. Silahkan ikuti tahap penginstallan seperti gambar dibawah ini.

1. Silahkan Klik dua kali aplikasi NetBeans yang sudah kalian download tadi. Maka akan muncul seperti dibawah ini. Silahakn tunggu loading sampai selesai.


2. Selanjutnya kita akan diarahkan ke tampailan seperti berikut, silahkan klik next saja.


3. Kemudian centang bagian kolom "I accept ..." kemudian klik next.


4. Kemudian pada radio button pilih yang "I accept ..." dan klik next lagi.


5. Selanjutnya silahkan arahkan folder tempat penginstalannya dan juga arahkan folder jdk ke tempat kalian mengistallnya sebelumnya. Setelah itu klik next.


6. Setelah itu klik install.


7.  Maka proses penginstallan sedang berlangsung, silahkan tunggu hingga proses selesai.


8. Setelah proses penginstallan selesai kita akan diarahkan kehalaman ini, silahkan klik finish.


9. Proses penginstallan selesai, silahkan buka aplikasi NetBeans yang sudah kalian install tadi.


10. Setelah kaliann  install, maka hasilnya akan seperti berikut. Dan selamat kalian sudah berhasil menginstall aplikasi NetBeans. Happy coding ya!!!

Demikianlah tutorial pengenai cara menginstall NetBeans IDE di Windows Lengkap. Silahakan dipedomani dengan seksama, dan bila ada yang kurang paham bisa ditanyakan melalui kolom komentar insya allah akan saya jawab semaksimal mungkin. Jangan lupa shere artikel ini agar lebih bermanfaat untuk yang lainnya. Terima kasih.

0 Response to "Install NetBeans IDE di Windows Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel